Senin, 24 November 2014

Teks Ulasan "Upin & Ipin"

Upin & Ipin

Sutradara                              : Mohd Nizam bin Abd Razak
Komposer Lagu Tema          : Yuri Wong
Genre                                    : Animasi
Perancang                             : Les'Copaque Productions Sdn.Bhd
Judul                                     : Upin dan Ipin


Teks Ulasan :

Upin dan Ipin, Kartun Bertema Persahabatan dari Negeri Tetangga

Upin dan Ipin adalah sebuah serial animasi karya Mohd Nizam bin Abd Razak. Serial animasi ini diproduksi oleh Les'Copaque Productions Sdn.Bhd. dan disutradarai oleh Mohd Nizam bin Abd Razak sendiri. Serial animasi dari negara Malaysia ini menceritakan tentang sepasang kakak beradik kembar berusia belia yang tinggal bersama Kak Ros dan Mak Uda ( biasa dipanggil Opah ) di Kampung Durian Runtuh setelah kematian kedua orang tua mereka sewaktu masih bayi dan mereka bersekolah di Tadika Mesra.
Musim pertama Upin dan Ipin menceritakan tentang Upin dan Ipin yang sedang belajar menghayati bulan yang mulia. Musim kedua juga bertepatan dengan puasa. Musim ketiga menceritakan tentang penyambutan bulan puasa dan libur sekolah akhir tahun. Musim keempat episode awalnya berjudul Juara Kampung. Musim kelima mempelajari nilai-nilai kemanusiaan dan memperkenalkan ikon-ikon populer Malaysia. Musim keenam Upin dan Ipin hanya berubah jam tayang. Musim ketujuh menceritakan tentang Tahun Baru Cina. Musim kedelapan membuat episode " Upin dan Ipin Kesayanganku "
Menurut saya serial animasi ini cukup menarik karena mengandung amanat yang berharga dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi sifat Upin dan Ipin yang sering telat pulang karena keasyikan  bermain yang tidak pantas ditiru.
          Serial animasi buatan Malaysia ini menggunakan bahasa Melayu dan untuk penayangannya di Indonesia menggunakan subtitle agar memudahkan penonton di Indonesia. Serial animasi ini mendapatkan penghargaan Festival Film Internasional Kuala Lumpur (2007), Penghargaan Shout! (2009), World Brand Congress (2010), NEF-Awani ICT Awards (2010), Penghargaan The Brand Laureate (2010), Malaysia Book of  Records (2011), Anugrah Bintang Popular Berita Harian (2012), Duta Besar Nasional UNICEF Malaysia (2013).
Serial animasi ini cocok untuk ditonton anak-anak kerena memberikan arti persahabatan dan tolong menolong sesama. Meski serial animasi ini menrik namun kita juga harus mengapresiasi animasi buatan dalam  negeri karena animasi buatan negeri sendiri juga tidak kalah menariknya.







BY : StalkerAlay & Muhammad Daffa

2 komentar: