Senin, 03 November 2014

KEDATANGAN BANGSA BARAT KE INDONESIA

1.  SEBUTKAN BANGSA INDONESIA YANG   DATANG DI INDONESIA! MENGAPA                    MEREKA   DATANG?
¨Bangsa barat yang pernah datang ke Indonesia
¤PORTUGIS 1509
¤SPANYOL 1521
¤BELANDA 1565
¤INGGRIS 1586

¨bangsa-bangsa barat datang ke Indonesia karena mereka memiliki semangat 3G yaitu gold yaitu semangat untuk mencari barang-barang berharga, glory yaitu semangat untuk memperoleh kekuasaan atau kejayaan, dan gospel yaitu semangat dalam menyebarkan agama nasrani

2.  JELASKAN KRONOLOGI KEDATANGAN   BANGSA BARAT KE INDONESIA !
Portugis ke Indonesia :
¨Pada Juli 1497 Vasco da Gama berangkat dari pelabuhan Lisbon untuk memulai penjelajahan. Berdasarkan pengalaman Bartholomeus Diaz itu, Vasco da Gama juga berlayar mengambil rute yang pernah dilayari Bartholomeus Diaz. Rombongan Vasco da Gama juga singgah di Tanjung Harapan. Atas petunjuk dari pelaut bangsa Moor yang telah disewanya, rombongan Vasco da Gama melanjutkan penjelajahan, berlayar menelusuri pantai timur Afrika kemudian berbelok ke kanan untuk mengarungi Lautan Hindia (Samudra Indonesia). kamudian menemukan Indonesia

Spanyol ke Indonesia :
¨Christophorus Columbus (1451-1506)
  Sebelum berangkat Columbus menghadap kepada Ratu Isabella untuk mendapat dukungan termasuk fasilitas. Ratu Isabella mengizinkan dan menyediakan tiga kapal dengan segala perlengkapannya. Ratu Isabella juga menyediakan hadiah apabila misi Columbus dapat berhasil. Atas dasar keyakinan bahwa bumi itu bulat maka Columbus dengan rombongannya optimis berhasil menemukan daerah baru di timur. Pada tanggal 3 Agustus 1492, Columbus berangkat dari pelabuhaan Spanyol berlayar menuju arah barat. Pada tanggal 6 September tahun yang sama, rombongan Columbus sampai di Kepulauan Kanari di sebelah barat Afrika. Ekspedisi penjelajahan samudra dilanjutkan dengan mengarungi lautan luas yang dikenal ganas, yakni Samudra Atlantik. kemudian setelah itu Colombus menemukan benua amerika
  Setelah meneukan amerika, Colombus meneruskan perjalanan melewaati samudra pasifik dan menemukan Indonesia

Belanda  ke Indonesia :
¨Cornelis de Houtman (1595 masehi)
  Pada tahun 1595 pelaut Belanda yang lain yakni Cornelis de Houtman dan Piter de Keyser memulai pelayaran. Kedua pelaut ini bersama armadanya dengan kekuatan empat kapal dan 249 awak kapal beserta 64 pucuk meriam melakukan pelayaran dan penjelajahan samudra untuk mencari tanah Hindia yang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah. Cornelis de Houtman mengambil jalur laut yang sudah biasa dilalui orang-orang Portugis. Tahun 1596 Cornelis de Houtman beserta armadanya berhasil mencapai Kepulauan Nusantara. Ia dan rombongan mendarat di Banten. Sesuai dengan niatnya untuk berdagang maka kehadiran Cornelis de Houtman diterima baik oleh rakyat.

3&4. GAMBARLAH PETA PROSES KEDATANGAN   BANGSA-BANGSA BARAT KE INDONESIA

5.   GAMBARLAH PETA INDONESIA DAN   TANDAILAH LOKASI KEDATANGAN BANGSA   BARAT KE INDONESIA !

6.   BAGAIMANA KONDISI PARA PEDAGANG LAIN   SETELAH MALAKA DIKUASAI PORTUGIS
  Bagi pedagang Muslim, kedatangan Portugis di Malaka mejadi hambatan dalam Malakasanakan perdagangan dan juga untuk mengukuhkan proses dakwah di Malaka. Berdasarkan praktek perdagangan yang dijalankan Portugi di Malaka yaitu praktek penaklukan, mendorong pedagang Muslim untuk mencari pelabuhan-pelabuhan baru sebagai ganti bandar Malaka untuk melancarkan perdagangannya antara Malaka, Arab, Persia, India, Cina. Para pedagang Muslim meninggalkan bandar Malaka menuju Sumatera Utara untuk menemukan pelabuhan-pelabuhan alternatif sebagai jalan aman memasuki kepulauan Nusantara. Sebagai kelanjutannya, di Sumatera dan Jawa mulai bermunculan pelabuhan-pelabuhan baru yang menggantikan posisi Malaka sebagai pelabuhan internasional. Di Sumatera misalnya setelah jatuhnya kerajaan Malaka, muncul kerajaan Aceh Darussalam yang menggantikan posisi Malaka. Begitu pula di Jawa muncul Banten sebagai kota pelabuhan yang menjadi pintu gerbang keluar masuk ke kepulauan Nusantara. Munculnya kota-kota pelabuhan di Nusantara menjadi akibat semakin luasnya proses dakwah Nusantara.
 
7.   JELASKAN KEGIATAN APA SAJA YANG DILAKUKAN   BANGSA BARAT KETIKA PERTAMA DATANG DI INDONESIA!
Portugis
¨1509 Portugis tiba pertama kali di Malaka.
¨1511 April, Admiral Portugis Alfonso de Albuquerque memutuskan berlayar dari Goa ke Malaka.
¨10 Agustus, Pasukan Albuquerque menguasai Malaka.
¨Sultan Malaka melarikan diri ke Riau.
¨Portugis di Malaka menghancurkan armada Jawa. Kapal mereka karam dengan seluruh hartanya dalam perjalanan kembali ke Goa.
¨Pati Unus menaklukkan Jepara
¨Desember, Albuquerque mengirim tiga kapal di bawah Antonio de Abreu dari Malaka untuk menjelajah ke arah Timur.

Spanyol
  Penjajah asing kedua yang datang dari arah timur adalah Spanyol. Kapal dagang pertama mereka, pertama kali mendarat lepas di Pantai Tidore, Maluku, pada tahun 1521. Kehadiran kedua bangsa penjajah ini mengakhiri masa jaya saudagar dari Asia yang beragama Islam.
¨1521 Spanyol mendarat di Sulawesi Utara
¨1560 Spanyol mendirikan pos di Manado.
¨1617 Gerakan perlawanan rakyat Minahasa di Sulawesi Utara untuk mengusir kolonial Spanyol.
¨1646 Spanyol di usir dari Minahasa dan Sulawesi Utara. Tahun selanjutnya Spanyol masih mencoba memengaruhi kerajaan sekitar untuk merebut kembali Minahasa tapi gagal, terakhir dengan mendukung Bolaang Mongondow yang berakhir tahun 1692.

Belanda :
¨Pada tahun 1592 Cornelis de Houtman dikirim oleh para saudagar Amsterdam ke Lisboa/Lisbon, Portugal untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai keberadaan "Kepulauan Rempah-Rempah".
¨Pada 1594, mereka mendirikan perseroan Compagnie van Verre (yang berarti "Perusahaan jarak jauh"), dan
¨pada 2 April 1595 berangkatlah ekspedisi perseroan ini di bawah pimpinan Cornelis de Houtman. Tercatat ada empat buah kapal yang ikut dalam ekspedisi mencari “Kepulauan Rempah-rempah” ini yaitu: Amsterdam, Hollandia, Mauritius dan Duyfken.
¨Pada 27 Juni 1596, ekspedisi de Houtman tiba di Banten. Hanya 249 orang yang tersisa dari pelayaran awal.  Tapi di tolak oleh Portugis yang terlibih dahuku singgah
¨
8.   MENGAPA BELANDA MEMILIH MALUKU SEBAGAI   PUSAT PERDAGANGA VOC PADA MASA AWAL
  Pada saat itu Belanda, sebagaimana Spanyol dan Portugis, mengonsentrasikan diri sepenuhnya di Kepulauan Maluku untuk mencari tiga komoditi utama saat itu: pala, cengkeh, lada. Bahkan di seluruh permukaan bumi, pala hanya ditemukan di Maluku.
  Di Kepulauan Maluku ini Both berhasil memimpin pasukannya mengalahkan dan mengusir pasukan Spanyol dari Tidore, selanjutnya merebut Timor dari tangan Portugis.
  Namun akhirnya Both memutuskan Jawa sebagai pusat pemerintahan, karena Maluku tidak bisa memproduksi pangan secara cukup, baik untuk penduduknya sendiri maupun ribuan orang VOC. Di samping itu Jawa juga dinilai sangat strategis. Untuk pusat perdagangan VOC tetap di Maluku.
  Karena pada saat itu pertama kali belanda bisa masuk di maluku tanpa adanya perlawana dari warga sekitar,dan sebelumnya maluku sudah menjadi jalur perdangangan internasional ditambah ladi komoditi utama dippulau maluku adalah rempah rempah yang laku keras dikalangan bangsa Eropa.

9.   JELASKAN SATU PERLAWANAN RAKYAT INDONESIA   SEBAGAI REAKSI TERHADAP KEDATANGAN BANGSA   BARAT DI INDONESIA!
  salah satu contoh yaitu perlawanan Pattimura
  Ada tanggal 16 Mei 1817 Rakyat Maluku di bawah pimpinan Pattimura (Thomas Matulesi) mengadakan penyerbuan ke pos Belanda dan berhasil merebut benteng Duurstede. Dari Saparua perlawanan meluas ke tempat lain seperti Seram, Haruku, Larike, dan Wakasihu. Hampir seluruh Maluku melakukan perlawanan, sehingga Belanda merasa kewalahan. Pada tanggal 15 Oktober 1817, Belanda mulai mengadakan serangan besar-besaran. Pada bulan November 1817 Thomas Matulesi berhasil ditangkap.

10.   MENGAPA KEGIATAN MONOPOLI PERDAGANGAN   DAPAT MERUGIKAN PEDAGANG DI INDONESIA?
  Monopoli perdagangan adalah suatu bentuk perdagangan di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
  Karena monopoli perdagangan mengeskploitasi SDA suatu negara dan hasilnya dijual untuk kepentingan pelaku monopoli, sehingga negara yang lain menjadi rugi.

BY : StalkerAlay

2 komentar:

  1. KALAU jepang pertama kali tiba di indonesia daerah mana

    BalasHapus
  2. Makasih ya kak saya jadi terbantu berkat link ini

    BalasHapus